March 09, 2010

AFS on mcdoans

Mcdo cuma mau sharing nih, buat kalian yang masih duduk di kelas 10 (SMA bukan SD-ya iyalah), suka hal-hal baru, berwawasan luas, supel dan aktif, kalian bisa ikutan seleksi pertukaran pelajar dari Bina Antarbudaya yang bermitra dengan AFS Intercultural Program.

Ini mcdoans copy-paste dari web-nya BinaBud:

Setiap tahun Bina Antarbudaya menerima dan mengirim putra-putri terbaik yang secara serius berminat dan memenuhi persyaratan, tanpa membedakan agama, ras, suku, maupun latar belakang sosial, ekonomi untuk dapat tinggal dan belajar baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek di berbagai negara, antara lain : Amerika Serikat, Australia, Belanda, Belgia, Italia, Jepang, Jerman, Norwegia, dan Swiss.

Kalau kamu berusia 15 – 16 tahun dan duduk di kelas 1 (satu) SMA atau sederajat KAMU BISA mengikuti proses seleksi (3 Tahap) pertukaran pelajar INAYPsc yang diadakan setiap tahunnya. Biasanya, kami mengadakan acara seleksi antara bulan Mei sampai Juli.
Untuk lebih jelasnya, silahkan menghubungi sekretariat chapter terdekat:

Ini dia listnya. Oh ya, please kontak via email dulu ya.

Chapter Banda Aceh
Jl. Rawasakti VII,
LR. Meulagu I No. 12
Jeulingke, Banda Aceh.
CP: Dian Sukma (0878 9018 2443)
chapterbandaaceh@yahoo.com

Chapter Bandung \m/
Jl. Bukit Dago Utara II no. 9
Bandung.
CP: Rizki (0899 6805 721)
binabud.bdg@ gmail.com
http://binabudbdg.wordpress.com

Chapter Banjarmasin
LBPP LIA
Jl. Gatot Subroto No. 1
Banjarmasin.
CP: Maladi (0511 – 753 4373)
chapterbanjarmasin@ yahoo.com

Chapter Bogor
Jl. Arimbi 5 No. 10,
Bumi Indraprasta, Bogor.
CP: Ayun (0812 860 108)
yba_bogor@yahoo.co.id

Chapter Jakarta
Jl. Limau No. 22, Kebayoran Baru
Jakarta 12130.
CP: Alex (0817 0770 380)
www.babjakarta.org
chapterjakarta@gmail.com

Chapter Karawang
SMA Negeri 1 Karawang
Jl. Ahmad Yani No. 22
Karawang 41312.
CP: Dwi S. Agus (0812 849 6038)
chapterkarawang@ yahoo.com

Chapter Makassar
Jl. Mappaodang No. 7 Makassar.
CP: Asni (0813 5572 5333)
Mirzalina Z. (0813 4359 0907)
yba_afsmksr@ yahoo.com

Chapter Malang
Jl. AR. Hakim V/ 585 Malang.
CP: Muzakki (0341 – 941 6974)
yba_malang@yahoo.com

Chapter Medan
Jl. Abdulah Lubis no. 48/75,
Medan 20154
CP: Shamir Hasyim (0811 644 008)
chaptermedan@yahoo.com

Chapter Padang
RT 1 RW 5 (Bengkel Laris)
Simpang Gadut
Bandar Buat
Padang 25132
CP: Rahima (0751 – 7872 117)

Chapter Palembang
d.a. SMA 17 Palembang
Jl. Mayor Zurbi Bustan
Lebong Siarang, Palembang.
CP: Chomariyah (0815 3253 5576)
Arpani (0813 6778 5935)
chapterpalembang@yahoo.com

Chapter Samarinda
Jl. Lambungmangkurat
Rt 32 no. 05, Samarinda 75117.
CP: Nasir (0852 5053 2307)
chapter.samarinda@yahoo.com

Chapter Semarang
Jl. Papandayan no.299
Semarang 50232.
CP: Alvien (0899 5885 997)
CP: Azis (0856 4087 6544)
chaptersemarang@ yahoo.com

Chapter Surabaya
Jl. Dukuh Kupang Timur
Gg. 13 No. 41, Surabaya 60256.
CP: Yesaya (0856 4821 0880)
chaptersurabaya@ gmail.com

Chapter Yogyakarta
Jl. Gadjah Mada No. 4,
Pakualaman, Yogyakarta.
CP: Dea (0856 88 666 44)
Ita (0815 7879 7844)
ybajogja@yahoo.com

Jadi, beberapa hal yang kamu harus tahu:
1. Bina Antarbudaya (YBA) adalah lembaga nirlaba yang mengelola program pertukaran pelajar di Indonesia. Bermitra dengan AFS Intercultural Programs yang merupakan organisasi pertukaran pelajar tertua dan terbesar di dunia, setiap tahunnya Bina Antarbudaya menerima dan mengirim siswa dalam berbagai program ke berbagai penjuru dunia.

2. Anda, siswa-siswi, harus BERUSIA 15-16.7 TAHUN dan DUDUK DI KELAS 1 (satu) SMA atau SEDERAJAT saat akan mengikuti proses seleksi (3 Tahap) pertukaran pelajar INAYP (Indonesia Year Program) YBA (Yayasan Bina Antarbudaya).

3. YBA hanya mengadakan proses seleksi 1 (satu) kali dalam satu tahun, biasanya diadakan di antara bulan April sampai Juli. Jadi misalnya adik-adik ikut seleksi tahun ini adik-adik baru akan berangkat (bila lolos dari semua seleksi dari tingkat chapter sampai tingkat nasional) satu tahun kemudian saat adik telah naik ke kelas 3 SMA. Jadi saat adik kembali tahun depannya adik tinggal meneruskan SMA di kelas 3 lagi di tempat sekolah adik berada. Ilustrasi lain bila adik mendaftar dan mengikuti seleksi tahun 2009 berarti adik-adik baru akan berangkat (bila lolos) di tahun 2010.
Perlu dijelaskan kenapa proses seleksi ini demikian lama dan panjang karena setelah lulus atau lolos dari tingkat chapter kemudian hasil seleksi adik-adik akan dibawa ke tingkat nasional dimana akan terjadi lagi proses seleksi bersama dengan adik-adik dari chapter lain dari seluruh Indonesia, setelah itu hasilnya akan dibawa ke AFS Internasional untuk diproses untuk penempatan host fam berdasarkan hasil seleksi juga dengan hasil wawancara dan file-file pendukung lainnya untuk bisa mendapatkan penempatan yang sesuai dengan masing-masing siswa/siswi dan ingat file yang masuk ke Internasional juga berasal dari negara-negara di seluruh dunia yang mengikuti program AFS

4. Jadi kalo adik-adik sekarang baru duduk di kelas 1 SMA atau sederajat, you have your chance this year. Tapi kalo kamu sekarang sudah duduk di kelas 2 atau 3 SMA sekarang, kami mohon maaf karena adik tidak bisa mengikuti program AFS atau yang lain dari YBA untuk student exchange program.

5. Kami selalu mengadakan sosialisasi disaat akan seleksi tahunan, bila adik-adik ingin kami presentasi tahun depan di sekolah adik tolong undang kami lengkap dengan nama sekolah, kepala sekolah dan alamat bila mungkin peta. Kami akan berusaha untuk bisa datang memberikan pengumuman tentang seleksi atau kegiatan Bina Antarbudaya Chapter Jakarta.

6. Oh ya kalo adik-adik ada yang tertarik untuk menjadi host family bagi siswa/siswi asing yang akan tinggal di Indonesia, please leave us a note or you can email us contact@babjakarta.org

7. Soal syarat untuk ikut Seleksi Bina Antarbudaya 2010 untuk keberangkatan 2011 -2012?
Banyak sekali yang bertanya mengenai hal ini, jadi disini kami akan menjawab once and for all. Semua syarat, ketentuan dan hal-hal yang berhubungan dengan seleksi, akan diberitahukan pada saat seleksi akan dilakukan. Kami tidak akan dan tidak pernah menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan persyaratan seleksi.

8. Kapan seleksi diadakan?
Dalam bulan Maret - April kami akan melakukan roadshow untuk promosi Seleksi Program Bina Antarbudaya ini. Berdekatan dengan roadshow ini akan diberitahukan kapan pendaftaran akan dibuka. Bila adik-adik ingin kami datang kesekolah adik-adik, bagi yang belum pernah kami datangi dan tertarik dengan program ini, silahkan posting komennya di artikel ini dengan nama sekolah, alamat lengkap sekolah (selengkap-lengkapnya termasuk di daerah mana), nomor telepon sekolah, nama kepala sekolah juga nomor handphone atau telpon rumah kamu karena kamu adalah contact person kami (semua detail tidak akan dipublish di website kecuali nama sekolah dan nama kamu sebagai contact person). Kalau kamu tidak mau posting di komen artikel ini kamu juga bisa mengirimkan hal yang sama ke email kami di contact@babjakarta.org
Seleksi Bina Antarbudaya dilakukan serentak di chapter-chapter lain di seluruh Indonesia, seleksi ini biasanya diadakan antara bulan Juni sampai Agustus. Pendaftaran, biasanya, dilakukan pada bulan April - Juni. Untuk detail lain silahkan klik link artikel diatas.

9. Please-please buat adik-adik yang mau ikutan seleksi, jangan memikirkan hal-hal yang terlalu jauh dulu, tentang nanti kalau berangkat gimana, kalau ada biayanya gimana, for once and for all, please take one step at the time. Jangan berpikir terlalu jauh dulu. Sekarang siap-siap untuk daftar dulu, gimana persyaratannya, kapan pengembaliannya, apa aja yang mesti dibawa dll, dsb. Seleksinya panjang adik-adik. Ada 3 tahap seleksi, yang masing-masing tahapan nggak main-main. So please sekali lagi take one step at the time.

10. Untuk update terakhir please follow twitternya
Chapter Jakarta di www.twitter.com/ChapterJakarta - @chapterjakarta
Chapter Bandung di www.twitter.com/afsbandung - @afsbandung


***

Oh ye, mcdoans juga lulus seleksi tahun lalu \m/ Kalau Tuhan berkehendak, saya akan ke Eropa Juli/Agustus nanti! Entah negara mana yang bakal menerima mcdoans, entah siapa yang akan jadi orangtua asuh mcdoans. Mcdoans dapet program YP alias Year Program.
Selain itu, ada program hosting juga kayak yang keluarga mcdoans lakukan. Jadi nerima pelajar asing buat tinggal di rumah kita, ini dia blog kakak saya yang dari Belgia.
AFS is Fantastic! Good Organisation!

Join us!

17 comments:

  1. PERTAMAx diamanin dulu lah ya...

    ReplyDelete
  2. yaah , sayangnya gue udah kelas 11 :(( *pure me*

    ReplyDelete
  3. eh mcdoans anak afs jugA?? salam kenal, aku juga anak afs bro

    ReplyDelete
  4. @njuni oh njuna:
    #sama doong :)

    @tjuandha:
    #iya, hehe salam kenal!

    ReplyDelete
  5. @Azka Maulida Bastaman:
    #gapapa lah, menebar info. hehehe

    ReplyDelete
  6. wuih, dian juga mw ikutan...
    kira2 anak excell bisa gak?

    ReplyDelete
  7. @Anonymous:
    #maksudnya kelas akselerasi? Bisa!

    ReplyDelete
  8. bantu up deh biar keren banyak komennya :)

    ReplyDelete
  9. heey, lg googling tentang pengumuman dapet host fam kapan ga taunya nyasar di blog kandidat afs 2010-2011 yg lg nunggu dpt host fam jugaa haha. mcdoans dr chp jakarta? salam kenal...monica (chapter bogor)

    ReplyDelete
  10. @Anonymous;
    #bukaaan, saya dari chapter bandung :) hehehe.. oke ntar aku cari di facebook..

    ReplyDelete
  11. aihhh,,, TS nya kaskuser atuhh....

    yg penting page-One tuhh..
    btw saya udah kuliah ne,,

    so nyoba2 aja dehh youth exchange..^^


    .: fetri mardyani :.

    ReplyDelete
  12. kapan pengumuman bwat chapter banda aceh?

    ReplyDelete
  13. kak smoga aku lolos di tahap yang pertama......dan berhasil................mendapatj\kan program tersebut....ok!!!!!11

    ReplyDelete
  14. Hmm.. Pngen nanya' nih, saya beragama Islam, jika saya lolos, apakah saya bisa memilih host family yang beragama Islam ??

    Makasih..

    ReplyDelete

Silakan mas, mba, om, tante, opung, opung boru, kakek, nenek, bapak, ibu, akang, teteh, bli, sampeyan isi.. hehehehe